Cara Gampang Perawatan Mobil Matic

Mobil dengan transmisi Matik dewasa ini sudah kian populer , selain mudah di kendarai, mobil dengan transmisi matik memang nyaman dikendarai, namun perlu extra perawatan dibandingkan dengan mobil dengan transmisi manual. Jangan sampai Mobil Kesayangan anda salah perawatan hingga mengalami kerusakan yang serius. Biaya yang di butuhkan untuk perbaikan Mobil Matik lebih tinggi dari pada mobil bertransmisi manual , Honda Bandung pada kesempatan kali ini akan berbagi Tips mudah merawat Mobil Matik.

Tips-Merawat-Mobil-Matic-Agar-Awet-Dipakai Perawatan Mobil Matic agar Awet

Lakukan Uji Jalan dan Perawatan

Kenali mobil anda selayaknya diri anda sendiri, memang kalau kita sudah sering dan terbiasa dengan mobil kita kerusakan kecil kadang tidak terasa, maka dari itu perawatan berkala wajib anda lakukan.tidak ada salahnya anda sesekali uji jalan, jalan seperti biasanya kemudian cobalah memindahkan persnelingdan rasakan perpindahan persneling tersebut dengan seksama, jika saat memindahkan persneling ada suara bising dan mobil agak sedikit tergoncang, berarti mobil matic Anda sedang mengalami masalah , segeralah bawa mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan perbaikan.

Kenali Mobil Matik Anda

Perangkat transmisi mobil matik sangat berbeda dengan mobil manual, setidaknya anda harus mengerti karena perawatam mobil matik perlu perhatian khusus, ada beberapa perangkat antara lain,

Automatik Transmission Fluid (ATF), fungsinya tidak hanya melumasi. Prinsip hidrolis dalam girbox matik memerlukan mediator. Terutama untuk mengatur perpindahan gigi Dan merapatkan plat kopling. Jadi kalau viskositas kekentalannya turun, tekanan yang di hasilkan juga akan berkurang.

Perpindahan Gigi

Teliti dalam menggunakan perseneling  , hindari menggunakan persneling ‘P’ saat keadaan mobil matic belum benar-benar berhenti, jika hal ini dilakukan secara terus menerus bisa menimbulkan kerusakan pada bagian persneling mobil Anda, kemudian saat Anda sedang memarkirkan mobil, hindari memasukkan persneling D, jika hal itu terus dilakukan di khawatirkan dapat merusak kopling mobil Anda, ini biasanya terjadi pada pengemudi yang terbiasa dengan transmisi manual. cara amannya Anda cukup dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi ‘P’ saat memarkirkan mobil

Rajin melakuakn Pergantian Oli

Oli sangat berfungsi untuk melumas mesin kendaraan Anda yang sangat berperan untuk meneruskan daya gerak mesin agar tetap lancar. direkomendasikan melakukan pergantian oli jika mobil Anda sudah menempuh jarak antara 80.000Km hingga 100.000Km, jangan sepelekan pergantian oli, pada sebuah mobil matic merupakan hal yang penting, walaupun terlihat sederhana, terkadang banyak juga yang mengabaikan hal ini.

Pemanasan Mesin

Memanaskan mobil sebelum bepergian  merupakan hal yang menyebalkan, terlebih jika kita sedang terburu-buru, terlihat sepele memang, namun terkadang jika hal ini di abaikan lama kelamaan akan membuat mesin Anda sedikit terganggu, maka dari itu memanaskan mesin matik mobil anda pada keadaan tuas transmisi  berada di posisi N setiap anda ingin bepergian.

Baca Juga : Ini Manfaat Cuka Masak untuk Mobil Anda

Perawatan Mobil Matic agar Awet